5 Cara Mengajar Anak SMA Menjadi Pelajar Sukses

Guru SMA merupakan guru yang memiliki tingkat kesulitan puncak. Selain materi yang akan diajarkan juga semakin susah, cara mengajar anak SMA pun tidak semudah jaman dahulu. 
Anak SMA jaman sekarang berkali-kali lipat lebih susah menerima pelajaran karena tergerus oleh berbagai godaan teknologi. Salah satunya yaitu pengaruh sosmed. Banyak sekali sosmed yang terinstal pada hp anak usia SMA. Rata-rata sosmed tersebut memberi pengaruh yang negatif, yang dapat menghilangkan karakter baik pada usia anak SMA.

Sebagai guru SMA di jaman sekarang, sebaiknya mengikuti beberapa langkah berikut untuk menjadikan siswa SMA sebagai pelajar sukses. Berikut ulasannya:

Siapkan Materi

Menyiapkan materi untuk anak SMA tentunya tidak seperti yang dilakukan untuk mengajar anak SD. Usia SMA sudah pasti bosan jika diberi materi dengan metode ceramah. Bisa-bisa gurunya ditinggal anak-anak ke kantin, atau bahkan ditinggal tidur.
Gunakan kemajuan teknologi sebagai sarana untuk menyampaikan materi, misalnya menggunakan LCD proyektor. Dengan menggunakan alat tersebut, anak SMA akan merasa belajar yang mereka lakukan menjadi hal yang menarik dan semangat untuk menunjukkan yang terbaik.

Berkeliling Menghampiri Siswa

Meski menjadi guru SMA, tidak ada salahnya jika tetap aktif untuk menghampiri siswa. Karena siswa SMA akan mudah sekali bosan dan beralih fokus pada hal yang ia anggap menyenangkan. Suasana kelas akan menjadi lebih cair jika guru tidak terlalu kaku dalam menyampaikan materi. Selingi dengan interaksi dengan siswa sembari berkeliling pada tempat duduk mereka.

Gunakan Mind map

Metode mengajar yang mudah dipahami oleh anak SMA salah satunya yaitu menggunakan metode mind map. Dengan metode ini siswa SMA akan terfokus pada apa yang akan dipelajari. Karena konsep yang ada akan dituliskan secara jelas dan informasi dapat diserap dengan cepat.

Maksimalkan Penggunaan Internet

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan guru SMA untuk mencetak pelajar sukses yaitu memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Seperti yang diketahui oleh banyak orang, bahwa internet merupakan sumber belajar yang tidak terbatas. Segala materi apapun terutama yang berhubungan dengan materi belajar dapat diakses hanya dengan sekali klik.

Gunakan Metode Interaktif

Metode ini juga tidak kalah penting untuk dilakukan oleh guru SMA. Karena dengan metode interaktif akan menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan juga siswa akan mendapat timbal balik yang pas. Dimana pada metode ini memungkinkan kejadian siswa bertanya dan guru menjawab, atau sebaliknya. Sehingga suasana kelas juga dapat lebih hidup.

Penutup

Selain 5 langkah tersebut, masih banyak cara lainnya untuk mengajar siswa SMA. Karena untuk menciptakan siswa lulusan SMA yang berkualitas diperlukan metode dan model yang pas. Tetap semangat untuk menciptakan lulusan pelajar sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *