Pentingnya Program 7K di Sekolah

Pendidikan merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi suatu bangsa untuk mencapai kemajuan. Tanpa pendidikan maka selruh masyarakat akan buta akan apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara bersikap.
Salah satu tempat untuk mendapatkan pendidikan yakni di sekolah. Pendidikan yang diterima oleh anak anak di sekolah dapat menjadi bekal yang sangat berharga demi tujuan dan cita-cita anak didik kita.
Sekolah menjadi salah satu tempat berkembangnya nilai-nilai budaya yang dapat membuat manusia semakin berbudaya pada era saat ini. Karena sekolah sudah pasti memiliki peraturan, tata tertib, budaya sekolah itu sendiri dan juga norma yang berlaku dan harus dipatuhi.
Hampir semua sekolah menerapkan budaya 7K, yang meliputi keamanan, Kenyamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, dan Kerindangan. Program 7K menjadi salah satu program yang penting untuk dilaksanakan di sekolah.
Pentingnya 7K bagi sekolah sebenarnya sangat mendukung terjadinya pembelajaran di sekolah yang aman, nyaman, bersih, tertib indah dan juga menimbulkan hubungan yang harmonis bagi yang berada dalam ruang lingkup tersebut.
Berikut beberapa faktor yang diharapkan ada pada terlaksananya 7K di sekolah:

Meningkatkan Keamanan Warga Sekolah

Salah satu prinsip 7K yaitu keamanan, jadi dengan adanya Program 7K di sekolah siswa dan seluruh warga sekolah diharapkan merasa aman ketika berada di lingkungan sekolah. Namun ada beberapa orang tua yang sebenarnya kurang memperhatikan keamanan anaknya, salah satunya dengan memberikan perhiasan berupa emas-emasan yang nampak mencolok saat digunakan ke sekolah.
Hal tersebut tentunya membuat para guru harus memberikan pendidikan khusus yang ekstra agar anak dapat mengembangkan pola pikirnya. Dengan adanya pendidikan yang khusus tersebut diharapkan anak menjadi mengerti akan bahayanya ketika menggunakan perhiasan ke sekolah, sehingga mereka tidak lagi menggunakannya saat sekolah.

Meningkatkan Kesadaran akan Kebersihan

Prinsip 7K memang tidak luput dari yang namanya kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan. Kebersihan diri diperoleh dari dalam diri siswa tersebut secara pribadi. Mulai dari kebersihan pakaian maupun organ tubuh. Sedangkan kebersihan lingkungan merupakan salah satu tanggung jawab yang suka dilemparkan oleh beberapa pihak yang sebenarnya wajib berperan.
Kebersihan lingkungan terutama lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah, bukan hanya penjaga sekolah ataupun pak kebun. Menjaga kebersihan sekolah dapat dimulai dari diri sendiri, yakni dengan mengajak teman untuk membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan kecil tersebut dapat memberikan dampak yang besar yang berperan bagi kebersihan lingkungan sekolah.

Menciptakan Jiwa Disiplin

Karakter disiplin sebenarnya sangat sulit untuk dicapai tanpa sebuah pembiasaan. Dengan adanya program 7K diharapkan mampu menciptakan siswa yang disiplin. Definisi disiplin di sini dapat diartikan disiplin dalam bersikap, dan berkata.
Disiplin dalam bersikap misalnya selalu membuang sampah pada tempatnya, selalu datang tepat waktu, dan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku di sekolah.

Menciptakan Hubungan yang Selaras

Bagi warga sekolah tentunya semua yang berada di sekolah diharapkan mampu menjadi keluarga sebagaimana keluarga di rumah. Untuk itu agar komunikasi berjalan dengan baik dan juga selaras akan sebuah tujuan, dibuatlah program 7K di sekolah.

Penutup

Berdasarkan beberapa faktor di atas, tentunya program 7K sangat penting untuk diaplikasikan pada sekolah-sekolah. Terutama di semua jenjang baik dasar, menengah atau bahkan tingkat atas. Karena semua kedisiplinan dapat terwujud jika dibiasakan melalui pembiasaan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *