Kupas Tuntas SSL Wildcard Kelebihan, Manfaat, dan Fungsinya

SSL atau Secure Socket Layer, memiliki beberapa jenis. Salah satunya yaitu SSL Wildcard. Pada dasarnya, fungsinya masih sama, yaitu sebagai sistem keamanan website dalam melindungi data atau informasi yang bersifat rahasia dan sensitif.

Namun, fitur SSL Wildcard berbeda dari produk Secure Socket Layer yang lain. Ingin tahu apa perbedaannya? Nah, di sini akan dikupas secara lengkap. Jadi, simak sampai selesai.

Kelebihan Secure Socket Layer Wildcard

Kelebihan Wildcard dibandingkan jenis SSL biasa dapat kita lihat dari fitur yang ditawarkannya. Terdapat berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh jenis Secure Socket Layer lainnya. Berikut fitur-fiturnya:

  1. Tidak memiliki batasan jumlah subdomain. Kamu bisa menggunakannya untuk beberapa subdomain
  2. User diberi kebebasan untuk menambah dan menghapus sertifikat SSL pada subdomain kapan saja. Semua bisa dilakukan tanpa perlu penerbitan ulang.
  3. Memiliki fitur enkripsi level tertinggi hingga mencapai 256-bit.
  4. Mudah dikelola karena masih dalam satu sertifikat.
  5. Kompatibel dengan browser versi desktop maupun browser versi mobile.

Manfaat dan Fungsi Secure Socket Layer Wildcard

Seperti yang dijelaskan di atas, fungsi utama dari Wildcard ini, sama seperti SSL yang lain. Fungsinya yaitu sebagai sistem keamanan digital untuk mencegah tindakan cybercrime. Sangat disarankan sekali untuk website yang digunakan sebagai sarana untuk berbisnis.

SSL dapat melindungi informasi yang bersifat sensitif seperti data pribadi konsumen, data keuangan, kartu kredit, dan informasi/data lainnya. Dengan begitu, website kamu akan mendapatkan kepercayaan dari para customer. Pasalnyai, kepercayaan merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis online.

SSL juga penting untuk mendapatkan ranking terbaik di Google. Pasalnya, Google sendiri sudah merekomendasikan penggunaan SSL pada sebuah website untuk keamanan yang lebih baik. Google juga menyarankan penggunaan https yang lebih aman dibandingkan http.

Jika Google sudah menilai web milikmu aman, maka tidak akan sulit untuk mendapatkan ranking yang bagus di mesin pencari. Artinya, pengamanan web juga masuk ke dalam optimasi SEO website. Dengan begitu, web milikmu akan mudah ditemukan di mesin pencari.

Tips Memilih Secure Socket Layer Wildcard

Tertarik menggunakan Wildcard untuk keamanan subdomain milikmu? Intip tips berikut ini terlebih dahulu agar tidak salah memilih.

1.Tentukan Provider 

Layanan SSL ini umumnya ditawarkan oleh para provider cloud hosting dan Secure Socket Layer. Kini, cukup banyak  provider yang menawarkan sistem keamanan tersebut.

Jadi, pastikan kamu memilih provider yang kredibel dan terpercaya. Pastikan juga mereka sudah memiliki suport 24 jam 7 hari kepada pelanggannya.

2.Perhatikan Harga

Umumnya, Wildcard ditawarkan melalui beberapa pilihan paket. Sebelum membeli, silahkan ketahui terlebih dahulu fitur-fitur pada setiap paket yang ditawarkan. Karena, masing-masing paket ditawarkan dengan fitur dan harga yang berbeda. Silahkan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan

3.Perhatikan Fitur yang Ditawarkan

Seperti yang kami jelaskan di atas, biasanya terdapat pilihan paket SSL yang berbeda-beda. Masing-masing paket memiliki fitur yang beragam. Semakin mahal harganya, semakin banyak juga fitur yang disediakan.

Pastikan kamu mengetahui fitur yang diperlukan untuk keamanan website milikmu. Silahkan sesuaikan dengan fitur yang ditawarkan. Bijaklah dalam memilih paket, karena belum tentu semua paket sesuai dengan kebutuhan website yang kamu miliki.

Kesimpulan

Secure Socket Layer Wildcard merupakan sistem keamanan untuk website. Memiliki fungsi yang sama dengan SSL lain, namun fiturnya jauh lebih luas karena bisa digunakan untuk beberapa subdomain sekaligus.

SSL Wildcard cocok untuk kamu yang memiliki beberapa subdomain. Dengan produk SSL ini, kamu akan lebih mudah dan hemat dibandingkan dengan harus membeli satu per satu untuk setiap subdomain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *