3 Cara Mengembalikan Imun Ibu Hamil Flu

Jika kamu seorang ibu hamil tentunya bisa merasakan bahwa imun seorang ibu hamil cepat sekali mengalami perubahan. Bahkan terkadang mereka lebih riskan terkena sasaran berbagai penyakit, kemudian infeksi baik oleh virus maupun bakteri. Ibu hamil flu merupakan salah satu contoh ringan bahwa daya tahan tubuh mereka sangat riskan akan perkembangan di sekitarnya. Terutama kondisi sekarang ini yang masih tinggi resiko bagi siapa saja terserang virus Covid 19.

Hal tersebut tentunya membuat para ibu hamil harus selalu waspada dan bisa menjaga diri. Dengan tetap membatasi diri dengan lingkungan ramai, tetapi tetap mencukup segala kebutuhan perkembangan janinnya. Jika ibu hamil flu saja kondisi tersebut harus segera di atasi. Nah cara tepat bagi ibu hamil flu agar segera sehat adalah dengan segera memperbaiki imun tubuhnya.

Cara Tepat Atasi Ibu Hamil Flu

Berikut ini beberapa cara yang wajib kamu lakukan ketika terserang flu. Tidak hanya bagi ibu hamil, cara ini juga berlaku untuk siapa saja yang imun tubuhnya sedang tidak baik-baiknya. Di tengah kondisi pendemi yang belum kunjung usai baik ibu hamil atau tidak harus bisa bertanggungjawab dengan imun diri masing-masing, berikut caranya:

  • Mengupayakan istirahat cukup

Istirahat merupakan faktor penting dalam menjaga imun tubuh seseorang terutama ibu hamil flu. Selain itu pada seorang ibu hamil kegiatan yang terlalu menguras fisik tentunya akan berakibat pada perkembangan janin, utamanya bagi kamu yang bekerja dalam kondisi sedang hamil. Yang mana harusnya kamu lebih menghindari lingkungan yang ramai dan memperbanyak istirahat.

Tidur tepat waktu dan rileks dalam waktu yang cukup bisa memperbaiki imun yang sedang drop. Diseimbangkan dengan nutrisi yang sehat dan tidak mengkonsumsi makanan yang kita tau akan mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

  • Mengupayakan tidak stress

Stress atau terlalu memikirkan banyak hal juga bisa mempengaruhi imun tubuh ibu hamil, sehingga imun akan mudah drop. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengupayakan mempunyai pikiran yang selalu positif dan optimis. Hal tersebut bisa kamu peroleh dengan jalan sesekali pijat pada area yang diperbolehkan untuk ibu hamil, lebih banyak membaca buku, mendengarkan alunan bacaan Al-Quran, dan carilah lingkungan hijau yang penuh dengan pohon dan tanaman. Hal-hal tersebut akan membantu kamu lebih rileks dan menghilangkan stress yang bisa mempengaruhi kondisi janin dan ibunya tentunya.

  • Merutinkan olahraga yang diperbolehkan untuk ibu hamil

Selain nutrisi, ibu hamil juga perlu loh untuk olah raga. Ibu hamil flu membutuhkan olahraga yang bisa menguatkan imun mereka. Olahraga bisa kamu lakukan sambil berjemur ketika pagi hari, sinar matahari akan membuat kamu imunnya meningkat sembari melemaskan otot agar tidak tegang. Kamu bisa yoga, kemudian senam ibu hamil. Jika kamu melakukannya secara rutin, kondisi ibu hamil flu akan segera baik dan imunnya terjaga sehingga bisa selalu sehat.

Ibu Hamil Flu Butuh Nutrisi Seimbang

Selalu fisik, kemudian mental yang harus sehat, yang mana bisa kamu peroleh dengan olahraga yang rutin, kemudian istirahat, dan tentunya jauh dari stress kamu juga harus menyeimbangkan nutrisi yang kamu konsumsi. Dimana nutrisi tersebut juga akan memperkuat imun kamu sehingga tidak mudah terserang virus seperti influenza. Nah berikut ini nutrisi yang disarankan bagi ibu hamil flu agar imunnya menguat.

  • Asam folat yang berguna untuk stabilitas imun tubuh dan menjauhkan resiko adanya gangguan pada saraf. Karena asam folat sangat dibutuhkan janin untuk membentuk organ otal beserta susunan saraf pusatnya.
  • Konsumsi Vitamin C juga bisa menambah kekebalan tubuh loh, dimana antibodi akan terbentuk lebih cepat dan lebih banyak. Sehingga kamu jauh dari kemungkinan flu dan berbagai infeksi lainnya.
  • Kalsium dan Vitamin D juga penting loh untuk mengoptimalkan penyerapan Vitamin C, mempercepat kalsium terbentuk dalam tulang sehingga tulang dan gigi janin terbentuk lebih kuat. Kamu bisa menyeimbangkan kalsium yang kamu peroleh dari makanan dengan vitamin D yang bisa kamu dapatkan dari susu.
  • Konsumsi zat besi juga penting, dimana zat besi dibutuhkan untuk sel T Limfosit yang ada pada sel darah putih. Jika kamu minim zat besi, maka bisa saja imun yang terbentuk pada janin dan ibu akan terhambat sehingga kamu dan janin akan mudah terkena infeksi seperti influenza.
  • Mengkonsumsi sayur dan buah yang berwarna, ini adalah nutrisi yang penting bagi pertumbuhan janin dan kesehatan sang ibu.

Ibu hamil flu harus segera diberikan solusi karena imun mereka yang cepat drop akan membuat bakteri dan virus lebih cepat mendeteksi. Sehingga cukupilah nutrisi yang diperlukannya dan hindari berbagai hal yang bisa mempengaruhi perkembangan kesehatan ibu dan janin. Jika kondisi tak kunjung sembuh bagi ibu hamil flu maka alangkah baiknya kamu segera mengunjungi dokter kandungan dan spesialis yang di rekomendasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *