Bagaimana Menentukan Fitting Pipa yang Berkualitas?

Pernahkah kamu bertemu dengan teknisi yang sedang memasang instalasi perpipaan? Tentunya saat kamu memperhatikan kamu akan menemukan banyak komponen untuk proses pemasangan pipa tersebut, dari mulai pipa itu sendiri yang berukuran berbagai macam, kemudian terdapat fitting pipa atau yang dikenal dengan sambungan pipa, dan berbagai alat yang dipergunakan untuk mempermudah proses pemasangan.

Dalam menentukan pilihan pipa bersama pasangannya yaitu fitting pipa ada baiknya kamu tidaklah memilih yang sembarangan. Alangkah baiknya jika kamu bisa memilih yang mempunyai kualitas standard internasional dengan begitu kamu akan menghemat biaya perbaikan dan pergantian akibat bocor. Salah satu produsen yang menawarkan pipa berkualitas internasional adalah Rucika termasuk komponen fitting pipanya juga kualitasnya tidak main-main.

Sebelum kamu bergerak pada bagian membeli dan memilih jenis pipa dan juga sambungan pipa, kamu seharusnya memahami aneka tipe fitting pipa atau sambungan pipa yang ada di industry perpipaan.

Aneka Tipe Fitting Pipa yang Diproduksi Rucika

Rucika merupakan suatu produsen perpipaan yang sudah besar, dengan segala produk yang sudah dikeluarkannya Rucika menggunakan standard kualitas Jepang atau JIS. Untuk komponen sambungan pipa atau fitting pipa sendiri Rucika mempunyai bentuk dan ukuran yang lengkap dimana kurang lebih ada 300 komponen produk yang penggunaannya harus selalu kamu sesuaikan dengan fungsi kerjanya. Entah itu sebagai saluran air yang bersih maupun air buangan atau hanya untuk saluran udara. Berikut aneka dari tipe Fitting Pipa yang secara umum dan paling sering dicari oleh teknisi perpipaan.

·        Pipe Cross Fitting

Yang pertama ada cross fitting, dimana bentuknya kita tau menyerupai tanda penjumlahan. Sambungan ini sendiri berfungsi sebagai komponen penyambungan pipa apabila kamu ingin membaginya menjadi 3 aliran yang berbeda arah.

·        Pipe Socket Fitting

Kemudian terdapat sambungan pipa yang bentuknya lurus tanpa mempunyai cabang. Fungsi kerjanya pun untuk membantu sambungan dua buah pipa yang punya ukuran yang sama dan selanjutnya akan dibuat saluran yang lurus.

·        Pipe Tee-Stuck Fitting

Selanjutnya ada yang bentuknya seperti huruf abjad T. Dimana sambungan ini akan membantu kamu untuk menyambungkan tiga pipa yang berukuran sama, namun juga bisa menggunakan sambungan ini untuk ukuran pipa yang berbeda.

·        Pipe Elbow Fitting

Sambungan ini umum kita tau jika sedang memasang instalasi pipa, bentuknya seperti siku atau melengkung. Dimana akan berfungsi untuk membentuk sudut pada sebuah instalasi perpipaan. Kamu juga bisa menggabungkan beberapa elbow fitting untuk memperoleh bentuk sudut yang kamu harapkan.

·        Pipe Reducer Fitting

Jika kamu membutuhkan pipa yang bisa mengeluarkan debit yang berbeda kamu bisa menggunakan yang namanya reducer pipa. bentuk dari sambungan ini lurus saja tetapi pada kedua ujungnya kamu akan menemukan diameter pipa yang berbeda, yang mana satu lebih kecil sedangkan yang satu lagi berukuran lebih besar.

·        Pipe Closing Fitting

Sesuai dengan namanya maka sambungan ini akan kamu butuhkan untuk mengakhiri sebuah instalasi perpipaan. Dimana ketika kamu menggunakan sebuah pipa yang panjang, sisi yang ingin kamu tutup kamu pasang dengan sambungan penutup ini. Sehingga aliran air tidak ada yang ke sisi tersebut.

Karakteristik Sambungan atau Fitting Pipa yang Patut Dipilih

Setelah kamu memahami bahwa bentuk fitting pipa sangat beraneka ragam, kamu hanya perlu membuat desain instalasi perpipaanmu kemudian melihat bentuk fitting seperti apa yang kamu butuhkan. Selanjutnya yang kamu butuhkan adalah fitting yang berkualitas yang mana tidak hanya mempunyai harga yang terjangkau tetapi juga karakteristiknya bagus. Berikut kriteria penentu sambungan atau fitting yang patut kamu pilih.

  • Material pembuatnya merupakan jenis isolator sehingga bisa meredam panas yang sampai.
  • Mempunyai umur yang panjang sehingga tahan dalam waktu yang lama dan tidak gampang pecah maupun rusak.
  • Berbahan yang keuletannya tinggi sehingga terhindar dari kemungkinan pecah maupun adanya kebocoran.
  • Mempunyai aneka bentuk fitting, seperti yang diproduksi oleh Rucika dimana terdapat 300 komponen fitting dengan bentuk dan ukuran yang berbeda sehingga kamu bisa membuat instalasi yang kompleks dan terbaik.
  • Jika kamu memilih fitting pipa dari rucika kamu akan mendapatkan material pipa yang mudah di proses kembali. Sehingga jika kamu ingin mengganti pipa kamu bekasmu masih memungkinkan untuk diproses kembali untuk menjadi pipa baru.
  • Pipa sambungan yang diproduksi oleh rucika mempunyai karakteristik yang tahan terhadap kondisi asam maupun kondisi basa. Sehingga ketika dipergunakan tidak akan merusak kesehatan dan apabila dipergunakan untuk pipa buangan yang berupa limbah pipa tersebut tidak akan gampang rusak juga.
  • Pilihlah pipa yang kuat terhadap paparan sinar UV atau Ultraviolet, sehingga ketika pipa tersebut diletakkan dibawah sinar matahari pipa tersebut bisa bertahan lebih lama.
  • Pastikan memilih pipa sambungan yang sudah diterima oleh standar internasional seperti JIS yang sudah dikantongi oleh Rucika. Yang mana standar tersebut tingkat kepresisian ukuran maupun pemilihan materialnya sangat ketat.

Bagaimana, apakah kalian masih ragu untuk memilih rucika. Sesuai dengan pengalaman rucika merupakan produsen pipa dan fitting pipa yang tahan terhadap berbagai kondisi baik panas, kemudian asam maupun basa, dan tentunya untuk instalasi perpipaan di rumah tidak akan mudah mengalami kebocoran. Kamu bisa mendapatkan produk rucika di website www.rucika.co.id, disana kamu akan mengetahui lebih lengkap terkait harga, kemudian keunggulannya, serta spesifikasi yang lebih detail. So jangan lupa kunjungi website Rucika ya agar kamu bisa dapatkan pipa terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *