Ketahui Fakta Menarik Buah Semangka Merah!

 

Persis seperti varietas Anggur yang ragamnya berbeda; hijau atau ungu, maka Semangka juga demikian. dua varietas semangka yang paling umum berwarna merah dan kuning. Dan, Anda pasti lebih sering makan irisan buah Semangka merah, kan? Semangka merah dapat dengan mudah didapatkan di supermarket lokal sementara semangka kuning sedikit lebih sulit didapat. Nah dalam artikel ini, Anda akan menemukan sejumlah fakta menarik terkait Semangka merah. Simak ya!

Warna

Saat memiilih dan membeli semangka utuh dari supermarket lokal misalnya, Anda pasti pernah bisa melihat langsung mana buah Semangka merah atau warna lainnya seperti kuning. Tampak dari luar memang terlihat sangat mirip. Ya, warna eksterior kebanyaakan Semangka tentunya berwarna hijau terang dan hijau tua, serta tampak halus dan mengkilap. Perbedaan nyata antara varietas semangka ini terlihat ketika buah tersebut dipotong menjadi dua dan ditempatkan berdampingan. It’s so clear!

Lalu, apa yang membuat si Semangka itu berwarna merah atau kuning? Terkait Semangka merah, warna merah yang menyegarkan itu ternyata didapat dari fitonutrien yang disebut likopen. Zat apa itu? Itu lah yang merupakan antioksidan yang sama dengan zat yang membuat tomat menjadi merah. Lalu, apakah ada manfaatny? Tentu ada. Likopen ini terkait dengan kesehatan jantung dan prostat. Selain itu, Likopen juga dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu. Meski begitu, jangan karena kesegaran dan nutrisinya, Anda malah mengkonsumsinya habis-habisan karena bila dikonsumsi berlebihan, justru menyebabkan gangguan pencernaan (misalnya diare, mual, dan rasa tidak enak lainnya).

Rasa

Daging Semangka merah harus berwarna merah tua, sedangkan daging Semangka kuning tampak kuning kenari. Bagaimana dengan rasanya? Meskipun sebagian besar dari kita pernah bahkan sering mencicipi buah Semangka merah, hanya sedikit dari kita yang pernah mencoba Semangka kuning. Mereka yang pernah mencoba semangka kuning, mendeskripsikannya agak lebih manis daripada spesies merah. Semangka kuning juga dikatakan memiliki kandungan madu yang halus.

Artinya, Semangka merah memang sangat manis dan warnanya menggoda. Hanya saja, jika disandimgkan dengan si kuning, rasanya akan tersaingi juga, lho. Tapi yang pasti, Semangka merah sepertinya masih menjadi idaman dan favorit semua orang karena mudahnya untuk mendaptkannya dibandingkan dengan Semangkan kuning yang seringkali sulit didapat.

Manfaat kesehatan

Pada dasarnya, kedua varietas semangka ini memiliki kandungan air yang tinggi. Faktanya, hampir 92 persen dari kedua varietas semangka terdiri dari air.

Semangka merah biasa dikemas dengan vitamin A, B6 dan C sedangkan semangka kuning yang kurang umum mengandung vitamin A, C dan sejumlah vitamin dari kelompok B.

Seperti yang dijelaskan pada point pertama bahwasannya warna semangka merah adalah hasil dari tingginya persentase fitonutrien, likopen. Likopen hanya bertanggung jawab atas warna merah tua yang juga menjadi alasan mengapa tomat juga berwarna merah. Pencegahan prostat dan kesehatan jantung dalam beberapa tahun terakhir dikaitkan dengan konsumsi likopen. Semangka kuning kekurangan likopen yang berarti tidak memiliki warna merah cerah atau mengandung manfaat kesehatan seperti Semangka merah ini. Semangka merah juga mengandung citrulline yang merupakan asam amino yang berkontribusi pada aliran darah yang baik. Citrulline juga dikatakan dapat mencegah disfungsi ereksi, meskipun ini hanya terjadi saat makan dalam jumlah berlebihan.

Walau begitu, Anda tak bisa meremehkan si kuning karena meskipun Semangka kuning kekurangan likopen, Semangka ini mengimbanginya dengan jumlah mineralnya yang tinggi. Saat menggigit semangka kuning, Anda pasti merasakan dan paham bahwa si kuning itu mengandung magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan kalium yang semuanya berkontribusi pada kesehatan jantung yang baik. Bahkan, Semangka kuning adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Rata-rata, satu potong semangka kuning hanya mengandung 46 kalori. Teman teman Bisa hunjungi web Hermihidayati.com ,untuk bisa mendapatkan informasi lebih banyak terkait kesehatan

Wow, ternyata menarik sekali mempelajari fakta buah Semangka merah, ya! Selain segar, manfaatnya juga begitu besar. Masih ada yang tak suka konsumsi Semangka? Pastinya tak ada, ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *