Apa Itu Operasi Bedah Toraks ? Lihat Gambaran Umum dan Manfaatnya di Sini

Operasi toraks merupakan salah satu cabang ilmu di dalam kedokteran, yang berfokus pada diagnosis serta tindakan operasi terkait gangguan kesehatan yang diakibatkan penyakit maupun cedera pada kerongkongan, paru paru, serta organ tubuh lain yang terletak di dada. Diagnosis dan operasi tersebut dilakukan oleh dokter bedah toraks dan kardiovaskular. Nah agar Anda bisa lebih memahaminya lebih jauh ada baiknya simak uraian kami berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Operasi Toraks

Di awal pembahasan sebenarnya sudah menjelaskan secara singkat definisi dari operasi toraks ini. Operasi tersebut dilakukan untuk menangani berbagai penyakit yang diderita pasien seperti tumor serta pertumbuhan jaringan lunak pada paru paru, infeksi paru paru, kanker paru paru, kanker kerongkongan, kesulitan menelan, akalasia, dan lain sebagainya,

Karena termasuk organ dalam manusia yang begitu vital, operasi tentunya dilakukan oleh dokter spesialis bedah, termasuk dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskular, dokter bedah kardiotoraks, dokter toraks umum, dan dokter spesialis penyakit jantung bawaan. Bahkan dokter bisa saja menempuh jalan transplantasi paru paru bagi penyakit paru paru yang sudah stadium akhir.

Operasi toraks yang dilakukan oleh dokter bedah toraks dan kardiovaskular, tentu berbeda dari cabang ilmu jantung dan paru paru yang lainnya. Meskipun operasi toraks sendiri bisa menangani penyakit yang terjadi pada struktur, organ, dan letak yang sama. Karena untuk cabang ilmu jantung dan paru paru lainnya tidak menggunakan metode intervensi dengan jalan operasi.

Apa Harus Selalu Operasi ?

Bila berbicara mengenai operasi terlebih pada bagian organ yang vital, tentu bisa membuat siapapun merasa ngeri. Tapi tentu tidak semua pasien yang mengalami masalah ini langsung direkomendasikan untuk melakukan operasi. Pasien yang membutuhkan intervensi dengan jalan operasi adalah mereka yang memiliki kelainan pada organ, hingga penyakit yang memang membutuhkan operasi.

Sebelumnya, dokter akan memberikan obat obatan hingga meminta pasien untuk mengubah pola hidup sebagai langkah intervensi. Jika dibutuhkan, baru operasi toraks dilakukan. Namun tentunya ini juga bergantung pada pemeriksaan toraks yang dilakukan di awal, dan diagnosis seperti apa yang dihasilkan.

Apakah Bisa Berujung Komplikasi dan Banyak Risiko?

Operasi toraks yang melibatkan berbagai organ vital memang memiliki banyak risiko dan komplikasi, namun komplikasi yang fatal hingga kematian cukup jarang terjadi. Terlebih jika yang menangani dokter bedah toraks dan kardiovaskular berpengalaman yang sudah memiliki jam terbang tinggi, serta ditambah adanya teknologi modern di zaman sekarang.

Salah satu dokter bedah toraks yang bisa menangani operasi ini adalah dr Dicky Aligheri, Sp.BTKV (K) yang mana Beliau memang sudah ahli dalam sub spesialisasi Bedah Vaskular & Endovaskular. Untuk lokasi Beliau mengambil praktek ada di sebuah rumah sakit yaitu rumah sakit jantung Heartology yang ada di Jakarta. Kemudian dr. Dicky Aligheri, SpBTKV(K) juga telah masuk pada jajaran anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), tepatnya ada di Himpunan Bedah Toraks Kardiovaskular Indonesia, Fellow of Indonesian Heart Association (FIHA), dan Fellow of International College of Angiology (FICA), International Society of Critical Care Medicine.

Adanya teknologi canggih membuat para dokter menjadi lebih mudah untuk menggunakan metode serta teknik yang tepat dan akurat. Sehingga hal ini dapat mengurangi berbagai kemungkinan komplikasi dan risiko infeksi serius. Akan tetapi, risiko yang sulit dihindarkan adalah gangguan saraf hingga stroke.

Risiko dari intervensi dengan jalan operasi toraks memang tidak bisa dibilang kecil. Namun dokter sendiri tidak selalu menganjurkan operasi, jika manfaat dari operasi nyatanya lebih kecil dari kemungkinan risiko yang ada. Agar risikonya semakin kecil, maka dibutuhkan berbagai peralatan canggih sebagai penunjang seperti yang ada di Heartology Cardiovascular Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *