Jangan Sampai Keliru, Inilah Poin Penting Asuransi Jiwa yang Harus Anda Tahu

Asuransi wajib dimiliki oleh siapapun untuk meningkatkan proteksi diri saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di Indonesia, ada beberapa jenis asuransi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, satu yang paling populer adalah asuransi jiwa.Produk ini banyak dipilih karena dapat memberikan jaminan finansial. Beberapa perusahaan bahkan memberikan perlindungan asuransi jiwa yang dilengkapi dengan kemudahan  melakukan klaim manfaat kematian bagi karyawan. Dengan adanya asuransi ini, perusahaan berusaha memberikan jaminan finansial kepada setiap karyawannya. Bagi perusahaan yang ingin membeli asuransi jiwa, berikut ini beberapa poin penting yang harus diketahui sebelum membeli asuransi jiwa.

1. Premi Dapat Dibayar Per Bulan atau Per Tahun

Dibanding jenis asuransi lainnya, asuransi jiwa memiliki premi yang lebih mahal, seperti yang dilansir dari Liputan 6. Meski begitu, manfaat yang diberikan oleh asuransi jenis ini pun tidak tanggung-tanggung. Nah, berbicara soal premi, Anda bisa menyesuaikan premi asuransi jiwa dengan kemampuan yang ada.

Selain itu, premi asuransi dapat dibayarkan dalam jangka perbulan ataupun per tahun. Pembayaran premi per bulan cenderung lebih murah secara psikologis, karena biaya yang dikeluarkan tidak sebesar pembayaran premi per tahun. Kendati demikian, Anda bisa memilih sistem pembayaran premi sesuai dengan preferensi dan kondisi keuangan Anda.

2. Terdiri dari Berbagai Jenis

Dilansir dari Glints, asuransi jiwa dibedakan ke dalam beberapa jenis berdasarkan beberapa hal, seperti masa perlindungannya, nilai tunai, dan pihak yang mengajukan polis. Tiap-tiap jenis memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Selain itu, manfaat yang diperoleh ahli waris pun berbeda-beda, tergantung jenis mana yang diambil.

Dengan banyaknya variasi yang ditawarkan, semakin mudah pula untuk memilih perlindungan bagi diri Anda. Namun, karena banyaknya jenis yang bisa dipilih, Anda harus lebih selektif lagi sebelum membeli produk asuransi jiwa. Jika perlu, Anda bisa mencari tahu informasi terkait jenis-jenis yang ditawarkan pada perusahaan asuransi yang akan Anda pilih.

3. Uang Klaim Hanya Bisa Diambil Sekali

Berbeda dari asuransi kesehatan, uang klaim pada asuransi jiwa hanya bisa diambil sekali dalam masa pertanggungan, yaitu saat tertanggung meninggal dunia. Yang berhak mengajukan klaim adalah ahli waris dan keluarga pemilik polis. Artinya, sebelum pemegang polis meninggal, uang asuransi tidak dapat dicairkan.

Karena sifatnya yang hanya bisa diambil sekali, asuransi jenis ini sangat cocok untuk mempersiapkan finansial keluarga di saat pemilik polis meninggal dunia. Hal ini bisa membantu keluarga mengantisipasi kerugian yang timbul saat meninggal, seperti untuk melunasi hutang, cicilan rumah, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi tiga poin yang perlu Anda ketahui soal asuransi jiwa. Mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan, tak heran jika asuransi jiwa jadi salah satu produk yang wajib dimiliki untuk mempersiapkan masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *