Gejala Link Stabilizer Rusak atau Mengalami Keausan

Tanggung jawab untuk menjaga mobil Anda tetap stabil dan menanganinya dengan mulus di bawah kondisi berkendara yang beragam terletak pada gejala link stabilizer rusak . Atau sering disebut sebagai sway bar. Unit mekanis ini dipasang pada bodi kendaraan melalui dudukan bodi dengan bushing bar stabilizer dan sambungan bar stabilizer. Yang dipasang pada lengan kontrol bawah suspensi depan dan memiliki bushing di sepanjang sambungan untuk perlindungan dan untuk memastikan perjalanan yang mulus.

Ketika gejala link stabilizer rusak atau mulai aus, gejalanya dapat berkisar dari hampir tidak terlihat hingga signifikan. Dan jika Anda tidak mengganti link stabilizer, dapat mengakibatkan kerusakan besar pada ujung depan kendaraan Anda dan berpotensi kecelakaan. Di bawah ini adalah beberapa tanda peringatan yang akan memberitahu Anda ketika link bar stabilizer Anda mulai aus dan perlu diganti oleh mekanik yang berpengalaman.

Suara Berderak dari Area Ban

Link bar stabilizer menempel pada lengan kontrol bawah di ujung depan sebagian besar mobil. Pada mobil tertentu, bagian belakang juga akan memiliki link bar stabilizer. Namun, yang paling banyak menyebabkan kerusakan ada di bagian depan dan terletak tepat di belakang ban depan kiri dan kanan Anda. Jika Anda mengemudi di jalan dan Anda mulai mendengar suara berderak atau gesekan logam-ke-logam, mungkin link bar stabilizer yang menyebabkan suara tersebut.

Link bar stabilizer seharusnya sangat pas, tidak bergerak sama sekali kecuali di antara bushing karet. Saat link sudah aus, sway bar akan mulai mengeluarkan suara ini terutama saat Anda mengemudi di tikungan atau melewati tanjakan kecepatan. Ketika Anda mendengar jenis suara ini datang dari ujung depan kendaraan Anda, pastikan untuk menghubungi mekanik dan minta mereka memeriksa. Untuk kemudian mengganti link bar stabilizer dan bushing jika diperlukan. Pekerjaan ini mengharuskan sisi pengemudi dan penumpang diselesaikan pada saat yang bersamaan.

Handling yang Buruk atau Roda Kemudi yang Longgar

Link bar yang terpasang ke bagian lengan kontrol bawah ini dapat membuat kemudi serta handling mobil juga akan terkena dampak negatif ketika itu mulai aus. Sebagian besar waktu, penyebab sebenarnya adalah bushing yang dirancang untuk menahan sebagian besar benturan dan membantu melindungi bagian logam dari keausan.

Namun, bushing juga dapat menyebabkan korosi yang luas, terutama jika oli, gemuk, atau kotoran lainnya menempel pada link bar stabilizer. Akibat langsung dari semua masalah ini adalah bahwa kendaraan tidak menangani dengan cara yang sama seperti yang biasa Anda lakukan. Roda dari kemudi mobil juga akan terlihat seperti “longgar”, dan bodi mobil juga akan bergoyang dari kiri ke kanan lebih banyak karena link bar stabilizer dan bushing mengalami keausan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *