Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Cincin Nikah?

harga cincin nikah

Harga menjadi salah satu pertimbangan yang pasti dilakukan banyak pasangan ketika mencari cincin nikah. Pasalnya cincin nikah harus sesuai budget agar tidak membuat pengeluaran semakin membengkak. Sebelum membelinya, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal yang berpengaruh pada harga cincin nikah. Apa saja? Berikut di antaranya:

Jenis Logam

Faktor yang berpengaruh pada harga cincin yang pertama adalah logam mulia yang digunakan. Ada cukup banyak jenis logam yang biasa digunakan untuk cincin nikah yaitu platinum, emas, titanium, palladium, dan lain sebagainya. Karena kualitas setiap logam berbeda, maka harganya pun juga berbeda. Berbagai warna emas dan platinum adalah dua jenis logam yang paling sering digunakan untuk cincin nikah. Namun keduanya memiliki harga paling tinggi dibandingkan logam lain.

Kadar Karat atau Kadar Jenis Logam

Logam yang digunakan cincin nikah biasanya tidak 100% murni. Ada campuran logam lain untuk meningkatkan kualitasnya. Misalnya emas 75% artinya 75% emas murni dan 25% logam campuran. Emas 75% juga dikenal dengan istilah emas 18K. Hal tersebut ternyata juga berlaku pada logam lain seperti palladium. Palladium 50% artinya 50% palladium murni dan 50% logam lain. Semakin tinggi kadarnya maka harganya akan semakin mahal.

Desain atau Model Cincin

Tidak banyak orang yang tahu jika desain atau model cincin nikah ternyata juga berpengaruh pada harganya. Sebenarnya hal tersebut wajar karena kerumitan yang tinggi membutuhkan waktu pengerjaan yang panjang. Jadi harganya pun sudah selayaknya jika lebih tinggi dibandingkan cincin simple. Apabila ingin menghemat budget, pilih cincin dengan model polos atau simple.

Berat Cincin

Berat cincin juga dikenal dengan gramasi cukup berpengaruh pada harga cincin nikah yang akan Anda beli. Setiap model cincin memiliki berat yang berbeda-beda. Namun pada umumnya, cincin dengan model yang rumit dan tambahan berlian lebih berat dibandingkan cincin polos. Semakin besar ukuran cincin, juga semakin berat dan berpengaruh pada harganya.

Batu Permata

Cincin nikah tidak lengkap rasanya tanpa tambahan batu permata. Berlian merupakan batu permata paling umum yang digunakan untuk cincin nikah. Selain berlian, ada beberapa batu permata populer lain seperti ruby, sapphire, emerald, amethyst, mutiara, dan lain sebagainya. Setiap batu memiliki kualitas dan keindahan yang berbeda sehingga harganya juga berbeda.

Biaya Pengerjaan

Faktor satu ini hanya berlaku jika Anda memesan cincin custom di pengrajin perhiasan. Pasalnya tidak jarang pasangan meminta desain cincin tersendiri agar cincinnya lebih eksklusif. Biaya pengerjaan disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Misalnya membuat desain rumi, menambahkan ukiran nama, dan lain sebagainya. Meskipun menambah harga namun cincin custom tetap disukai karena terkesan eksklusif dan anti-mainstream dibandingkan pasangan lain.

Merek

Perhiasan emas dan berlian memang memiliki standar harga tersendiri. Meskipun begitu, merek atau brand tetap berpengaruh pada harganya. Pasalnya merek kredibel dan terpercaya memberikan jaminan yang lebih baik dibandingkan toko perhiasan biasa. Oleh sebab itu, tidak heran jika harganya lebih tinggi.

Itulah hal-hal yang akan berpengaruh pada harga cincin nikah. Rekomendasi cincin nikah dengan harga yang beragam bisa Anda dapatkan di The Palace. Merek perhiasan ternama satu ini menawarkan cincin mulai dari yang terjangkau sampai mahal dan mewah. Desainnya juga bisa disesuaikan selera, mulai dari simple sampai glamor dan mewah. Lihat koleksi cincin nikah beragam dari The Palace dengan mengunjungi akun media sosial seperti Instagram dan TikTok atau website www.thepalacejeweler.com.

Posted in Bisnis

Tags - harga cincin nikah